Microwave Berapa Watt?

Daya yang digunakan microwave mulai dari 800 watt hingga 3000 watt. Semakin kuat microwave, semakin banyak listrik yang di konsumsi. Sebuah microwave 1000 watt yang berjalan selama 1 jam akan mengkonsumsi 1 kWh (unit) listrik.

Namun, microwave tidak menggunakan daya secara konstan. Penggunaan daya berubah tergantung pada setingan suhu.

Microwave yang di setel ke 50 C akan mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada yang disetel pada 100 C.

Microwave adalah alat memasak dengan melewatkan radiasi elektromagnetik melalui makanan. Gelombang mikro di produksi oleh perangkat ini dan menembus seluruh makanan, memanaskan-nya dari dalam. Microwave sangat berguna untuk memanaskan kembali sisa makanan atau memasak makanan dengan cepat yang seharusnya perlu dimasak di atas kompor.

Jumlah daya yang dihasilkan oleh microwave diukur dalam watt (W). Daya ini memengaruhi seberapa cepat hidangan Anda akan dimasak yang menentukan waktu memasak dan pengaturan suhu pada microwave. Semakin tinggi wattnya, semakin cepat hidangan Anda akan matang.
Berapa Watt Oven Microwave?

Cara Mengetahui Watt Microwave

Setiap produk microwave biasanya mencantumkan daya dibutuhkan dalam watt. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar juga daya yang diperlukan.

Lihat tabel di bawah ini untuk mengetahui daya microwave berdasarkan kapasitasnya.

KapasitasDayaBrand
20 L800 wattSamsung
23 L1150 wattSamsung
30 L1400 WSamsung

Tabel di atas hanya sebagai perkiraan watt yang digunakan microwave. Setiap merk dan type microwave menggunakan daya yang berbeda-beda meskipun kapasitas sama.

Menghitung Penggunaan Daya dan Biaya Pada Microwave

Sebagai contoh kita akan memanaskan makanan dengan daya 1100 watt yang memakan waktu 5 menit. Untuk menghitungnya bisa menggunakan kalkulator listrik atau kalkulator di bawah ini.

Dari perhitungan diatas didapatkan hasil biaya listrik untuk penggunaan microwave selama 5 menit dengan suhu 1100 watt.

Untuk 5 menit pemakaian akan menghabiskan biaya Rp1.329 per hari dan Rp39.874 per bulan(30 hari).

Kesimpulan

Selain membutuhkan daya listrik yang besar, biaya yang harus dikeluarkan selama penggunaan nya juga lumayan tinggi. Untuk itu sebelum membeli microwave pastikan daya listrik rumah mencukupi, yaitu dia tas 1300 VA.

Perlu di pertimbangkan juga biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, apalagi jika sering di digunakan. Meskipun terbilang praktis, tetapi penggunaan yang hanya hitungan menit membutuhkan watt yang besar dan biaya listrik yang besar pula.

20220919 164839

Mara Mei

Saya adalah seorang blogger yang menyukai dunia programing, web, AI, elektronik, dan juga Internet marketing. Sejak awal, saya selalu tertarik dengan bagaimana kode-kode program dapat mengubah ide menjadi aplikasi nyata yang berfungsi dengan baik. Saya juga segala sesuatu tentang dunia elektronik dari memplajari cara kerja lat-lat elektronik dan mempelajari cara kerjanya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *